Apa itu STAN ?


Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) adalah pendidikan tinggi kedinasan di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yang menyelenggarakan pendidikan Program Diploma Bidang Keuangan (Prodip Keuangan). STAN didirikan dengan dasar hukum Keputusan Presiden RI No.45 Tahun 1974 juncto Keputusan Presiden RI No.12 Tahun 1967 serta dengan landasan hukum Peraturan Menteri Keuangan RI No.1/PMK/1977 tanggal 18 Februari 1977.
Program studi yang diselenggarakan oleh STAN untuk lulusan SMU, Madrasah Aliyah dan SMK adalah pendidikan Program Diploma I dan III Keuangan dengan spesialisasi sebagai berikut :

  • Prodip I / III Keuangan Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai
  • Prodip I / III Keuangan Spesialisasi Kebendaharan Negara
  • Prodip I / III Keuangan Spesialisasi Pajak
  • Prodip III Keuangan Spesialisasi Pengurusan Piutang dan Lelang Negara
  • Prodip III Keuangan Spesialisasi Pajak Bumi dan Bangunan / Penilai
  • Prodip III Keuangan Spesialisasi Akuntansi 
Setiap orang bisa memiliki pandangan yang berbeda-beda tentangnya. Tak banyak yang memahami dengan pasti apa dan bagaimana sebenarnya seluk beluk dari Sekolah Tinggi Kedinasan yang satu ini. Tapi tak sedikit pula yang barang tentu telah mengetahui sedikit banyaknya hal-hal unik yang berhubungan dengannya, 

 • Lulus = Langsung kerja.
Mungkin inilah yang paling mudah diingat semua orang. Keistimewaan dari STAN yang paling istimewa dibanding banyak keistimewaan-keistimewaan lainnya
Hal ini bisa dibilang merupakan suatu kepastian. Setelah selesai menempuh pendidikan Diploma 1 atau Diploma 3, semua mahasiswa bisa dipastikan langsung dipekerjakan di lingkungan Departemen Keuangan. Kasarnya, jalur yang dilewati mahasiswa STAN adalah K3 (kuliah -> kerja -> kaya). Dimulai dengan menjalani perkuliahan yang secara hiperbola dapat dikatakan sangat santai sekali hingga akhirnya lulus dengan sedikit “keberuntungan”. Dengan itu, tahap selanjutnya yang akan dilewati adalah masa kerja. Tentu saja bukan hanya sebagai pegawai negeri biasa, namun pegawai negeri di Departemen Keuangan yang notabene adalah Departemen “elite” di Indonesia. Terang saja, dengan tunjangan yang “wah”, bisa melahirkan pegawai negeri yang kaya raya. Agak sedikit berlebihan memang, tapi kenyataannya bisa dilihat bahwa itulah yang terjadi.


• Ancaman DO tiap semester.
Inilah “keistimewaan” kedua yang paling fantastis setelah yang pertama. Sudah barang tentu hal semacam ini membuat keder orang-orang yang berencana mendaftar di STAN. Mempertahankan keberadaan di sini terlihat lebih sulit ketimbang menjalani Ujian Saringan Masuknya. Batas IP dan IPK minimum pun terlihat sangat sulit dicapai.


• 100% gratis.
Sudah diketahui umum bahwa STAN adalah Sekolah Tinggi yang berada di bawah naungan Departemen Keuangan. Hal ini menjadi patokan bagi masyarakat untuk berkesimpulan bahwa STAN adalah Sekolah Tinggi gratis yang di biayai pemerintah. Tak perlu mengeluarkan se-sen pun untuk dapat berkuliah di sini kecuali biaya USM dan pastinya ongkos dan biaya hidup di Jakarta apabila berasal dari luar daerah.
Alasan ini menjadikan STAN sebagi tawaran menarik di tengah keadaan zaman yang serba krisis. Menjadi jalan alternative untuk mendapatkan kehidupan yang layak di masa depan dengan biaya yang relative minimal. Jadi pegawai negeri dengan pendidikan gratis? Mungkin tak akan ada yang mau menolaknya.


Di balik semua itu, apa pun yang orang bilang tentang STAN, alangkah baiknya jika diterima dengan itikad baik. Apabila yang orang bilang itu adalah kritikan, sudah sepatutnya kita sebagai mahasiswa STAN mencoba membenahi diri. Apabila yang orang bilang adalah “pujian”, ucapan syukur dan usaha untuk menjadi yang lebih baik adalah sikap penting yang harus terlaksana. 


sumber : 
http://id.wikipedia.org/wiki/Sekolah_Tinggi_Akuntansi_Negara
https://pinkimel.wordpress.com 

1 comments:

  1. The Venetian Las Vegas - MapyRO
    The Venetian Las Vegas 양주 출장안마 features all the essential amenities to an upscale Las Vegas experience. This casino hotel 문경 출장마사지 is 광주광역 출장안마 located 여수 출장마사지 in the 전주 출장샵 center of the Las Vegas Strip

    ReplyDelete